Sunday, November 3, 2019

Perbedaan Fungsi Processor dan RAM pada Komputer

Meskipun sudah lama ada, kebanyakan orang masih bingung dengan apa yang sebenarnya dikerjakan oleh processor dan memory untuk komputer. Apa bedanya mereka? Masalahnya, keduanya sangat penting dalam menunjang kinerja komputer. Mereka memiliki fungsi yang berbeda, namun harus sinkron dalam proses kerjanya pada komputer.


Memory sendiri bermacam macam. Namun yang fungsinya sering disamakan dengan processor adalah RAM (Random Access Memory). Maka pada kesempatan ini saya akan bahas perbedaan keduanya. Dengan mengetahui perbedaan dua komponen ini, setidaknya kita bisa tau apa yang kita butuhkan untuk membangun komputer impian kita.

Apasih Processor itu?


Secara teknis processor dikenal dengan CPU (Central Processing Unit). Processor adalah salah satu komponen utama sebuah komputer yang berperan sebagai pusat pengendali dari seluruh sistem sebuah komputer. Processor bertugas menjalankan instruksi tertentu dari suatu program dengan melakukan operasi aritmatika dasar, logika, kontrol dan I/O (input/output). Kebanyakan orang bahkan menyebut kalau processor adalah "otak" dari sebuah komputer.


Processor biasanya berada di motherboard dan diletakan pada socket yang telah disediakan. Komponen satu ini memang bisa diganti-ganti dengan jenis yang lain, namun harus sesuai dengan socket motherboard yang tersedia. Processor sangat berpengaruh terhadap kecepatan dari proses yang dilakukan komputer, hal ini dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas dari processor itu sendiri.

Terus Apa Fungsi Processor?


Fungsi Processor sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia tanpa otak. Karena semua pengendalian dan pemrosesan pada komputer terjadi di komponen ini. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan kembali ke memori utama. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia.


Processor tidak dapat bekerja sendiri, Ia membutuhkkan dukungan dari komponen lain terutama Hard Disk dan RAM. Kecepatan komputer memproses sebuah data tergantung kecepatan processor tersebut. Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya. Kecepatan processor diukur pada clock speed, cache, dan cores nya.

Tiga operasi utama processor:
  1. Fetch - Mengambil instruksi dari memori program (biasanya dari hard drive)
  2. Decode - Menerjemahkan instruksi yang kemudian akan dikonversi menjadi sinyal yang mengontrol bagian lain dari CPU.
  3. Execute - Melakukan instruksi untuk menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.

Tiga bagian utama processor dan fungsinya :
  1. Control Unit (CU) - Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.
  2. Arithmatic and Logical Unit (ALU) - Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).
  3. Registry (Register) - Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.

Apasih RAM itu?

Pada dasarnya RAM adalah komponen penyimpanan komputer sama seperti ROM dan Hard disk. Namun bedanya RAM bersifat sementara sedangkan ROM dan Hard disk bersifat permanent. Dipersingkat dari kata "Random access memory", RAM adalah media atau ruang penyimpanan sementara saat komputer sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). Maka saat komputer dimatikan data di dalam RAM akan dihapus.

Data yang ada di dalam RAM berasal dari OS , game, media, dll. Dan akan menjadi sumber informasi yang akan diakses oleh processor. Ini pada dasarnya sama seperti Hard Disk, tetapi lebih cepat untuk dibaca dan ditulis, karena memiliki sambungan langsung ke processor. Bentuk RAM secara fisik seperti rangkaian elektronik semacam chip. Untuk memasang RAM ke komputer yaitu dengan memasukannya ke slot RAM pada motherboard, jenis dari slot RAM juga bermacam-macam tergantung jenis RAM-nya.

Terus Apa Fungsi RAM?
 


Fungsi RAM adalah mempercepat terjadinya pemrosesan data yang terdapat pada computer. Semakin besar RAM yang digunakan maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. Hal tersebut bisa saja terjadi sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.


Pikirkan RAM sebagai ingatan jangka pendek seseorang, dan hard drive Anda sebagai ingatan jangka panjang seseorang. Sementara informasi terus disimpan di dalamnya, informasi lain akan terlupakan. Ini berhubungan dengan cara kerja komputer Anda. Jika ukuran RAM Anda penuh, itu akan menggantikan informasi yang tersimpan dengan yang baru yang saat ini sedang diakses. Ini kemudian akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda. Pernah memperhatikan bahwa ketika Anda baru saja menyalakan komputer Anda, semuanya berjalan lancar? Itu karena memori Anda masih segar dan tidak terlalu banyak informasi yang disimpan. Selain itu, keterbatasan mekanis (waktu akses dan desain arsitektur) dari sebuah RAM juga merupakan faktor dalam hal kecepatan dan seberapa baik mereka melakukan.

Jenis- Jenis RAM dan fungsinya :

  1. RAM (Dynamic RAM) - adalah suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) supaya data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  2. SDRAM - adalah singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  3. DDR RAM - adalah kependekan dari “Double Rate Random Access Memory”. DDR RAM sering disebut juga dengan DDR saja. Jenis memory ini merupakan teknologi terusan/kelanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), mungkin semakin kesini akan ada generasi barunya.
  4. RDRAM - adalah kependekan dari “Rambus Dynamic Access Memory” suatu jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium 4 (empat).
  5. SRAM - adalah dikenal juga dengan sebutan “Static Random Access Memory” jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini mempunyai kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.
  6. EDORAM - adalah berasal dari singkatan “Extended Data Out Random Access Memory”, yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan pentium. Jenis ini dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya menjadi agak lebih cepat.


Lalu Apa Bedanya Processor dan RAM?

Apa perbedaan antara RAM dan prosesor? Meskipun keduanya mungkin memiliki tujuan yang sama untuk mempercepat komputer, perbedaannya sangat signifikan sehingga perencanaan untuk merakit satu atau hanya meningkatkan satu membutuhkan banyak pemahaman tentang keduanya.


Antara keduanya, RAM dan prosesor, mana yang menurut Anda memiliki dampak lebih tinggi pada percepatan komputer Anda? Jika Anda menjawab RAM, Anda benar, tetapi jika Anda menjawab yang terakhir, Anda juga benar. Jadi bagaimana itu mungkin?


RAM adalah tempat informasi yang perlu dihitung dan diproses disimpan. Pada saat startup komputer Anda, ia akan menerima data dari hard drive Anda yang berisi file-file yang diperlukan untuk sistem operasi Anda. Informasi sekarang akan dibaca dan diterjemahkan ke dalam eksekusi oleh prosesor Anda. Anda mungkin bertanya 'Jadi mengapa tidak mendapatkannya langsung dari hard drive'? Hanya karena RAM dan prosesor memiliki hubungan khusus yang membuat mereka bertindak dan berkoordinasi lebih cepat daripada prosesor dan hard drive. Ini karena mereka terhubung oleh sambungan langsung, membuat hubungan mereka lebih dapat diandalkan daripada hard drive.


Dalam hal kecepatan mereka, sementara RAM diukur dengan seberapa besar penyimpanannya, prosesor diukur dengan berapa banyak siklus per detik yang dapat dilakukannya. Di sinilah ia menjadi rumit ketika membangun sistem Anda. Kecepatan prosesor relatif terhadap RAM-nya, jadi misalkan Anda memiliki prosesor 2,0 GHz dan RAM 4 GB, pilihan yang lebih baik akan meningkatkan prosesor Anda. Mengapa? Cukup karena RAM tidak sepenuhnya dimanfaatkan pada kecepatan prosesor hanya 2,0 GHz. Prosesor Anda hanya dapat menghitung begitu banyak dan tidak akan mengatasi penyimpanan yang disediakan RAM Anda. Bahkan jika Anda memiliki RAM 16 GB, ruang memori itu tidak akan diisi dengan informasi karena kecepatan prosesor Anda. Inilah yang kami sebut bottleneck. RAM dan prosesor berjalan seiring dan harus seimbang.


Dalam hal harga mereka, RAM jauh lebih murah daripada prosesor. RAM low-end hanya akan mengeluarkan biaya sekitar $ 12,00 dengan memori 2 GB, sementara prosesor kelas bawah akan dikenakan biaya dua kali lipat sekitar $ 24,00 dengan prosesor inti ganda 3,4. Sebuah RAM high-end di sisi lain akan dikenakan biaya sekitar $ 60,00 dengan 16 GB memori, dan prosesor high-end kemungkinan akan dikenakan biaya sekitar $ 350 dengan quad-core 4,00 GHz.

Kesimpulan

RAM bertindak sebagai tempat penyimpanan informasi sedangkan CPU bertindak sebagai otak dari sistem. RAM menangani membuka program (baik untuk multi-tasking) sedangkan CPU membuka program (pelaksanaan program lebih cepat).

Itulah sedikit penjelasan tentang "Perbedaan Fungsi Processor dan RAM pada Komputer"Sekian postingan ini, jika ada kekurangan dalam penyusunan kalimat mohon dimaklumi, selebihnya saya minta maaf dan terima kasih. 

Artikel ini disusun dari berbagai sumber dengan melalui proses penerjemahan dan improvisasi tulisan. Keep Calm and Blog On! © Dre Okvian


Sumber:


1. Wikipedia - Processor (computing)

2. Wikipedia - Random-access memory
3. Abuditec - Pengertian dan Fungsi Processor
4. Pengertianku.net - Pengertian RAM Dan Fungsinya Pada Komputer


EmoticonEmoticon